Home » » Buku Becoming A Star Employee

Buku Becoming A Star Employee

Judul: Becoming A Star Employee 
Penulis: Anthony Dio Martin 
Ukuran: 13,5 x 20 Cm 
Tebal: 252 Halaman
Buku Becoming A Star Employee

Apakah Anda seorang karyawan yang sudah lama bekerja tapi stuck di posisi karir saat ini ?  
Apa sich yang dimaksud dengan menjadi karyawan STAR? Apakah aku juga bisa menjadi seorang karyawan STAR ? 

 Apakah Anda seorang atasan yang mempunyai anak buah yang kurang produktif dalam team kerja? ... dan tentu masih banyak pertanyaan lainnya. 

Telah terbit buku Becoming A STAR Employee, Karya terbaru Anthony Dio Martin, “THE BEST EQ TRAINER INDONESIA”. Sebuah buku yang merupakan cetakan ulang dari judul “Management Intrapreneurship”, 2003.  Dalam buku ini, Anda akan mendapatkan sharing, tips, dan kisah yang dapat Anda aplikasikan di kehidupan sehari-hari dalam mengembangkan 7 displin ( Personal Mastery, Personal Contribution, Personal Learning, Personal Multipreneurship, Team Mentality, Emotional Mastery, dan Personal Enthusiasm ) untuk menjadi seorang STAR EMPLOYEE !! 

Buku “ Becoming A STAR Employee “ lahir untuk memberikan inspirasi kepada Anda, bagaimana bekerja di kantor, di perusahaan, di pabrik atau di organisasi manapun. Intinya, bekerja bagi orang lain pun bisa menyenangkan dan Anda pun juga bisa menjadi karyawan handal serta mampu mencapai hasil yang maksimal ditempat kerja. Banya contoh karyawan sukses yang bisa Anda pelajari profilnya disini!  

Dalam buku ini, Anda akan menemukan ide-ide seperti jangan sekedar membangun loyalitas kepada perusahaan, tetapi loyallah kepada profesi Anda, dan berbagai ide lainnya. Nyatanya, ada sebuah kalimat menarik disini, Jika Anda tidak becus menjadi karyawan, maka Anda pun tidak akan becus saat menjalankan bisnis Anda sendiri. Sayangnya, banyak orang yang saat menjadi karyawan, pola pikirnya, Ngapain kerja bagus, yang kayak kan bossnya, bukan saya. Tunggu saya punya bisnis sendiri, barulah saya akan bekerja maksimal. Namun, kenyataannya tatkala ia memutuskan berbisnis, akhirnya justru kegagalan yang diraihnya karena mentalnya sudah salah sejak ia menjadi karyawan. Disinilah buku ini memberikan inspirasi yang sungguh menohok bagi karyawan yang pola pikirnya salah ataupun setengah- setengah, dalam bekerja.  

Dalam buku inipun disebutkan soal statistic yang mengatakan dalam sebuah orgnisasi, biasanya ada sekitar 10% karyawan yang tergolong deadwood (payah!), sekitar 80% lainnya tergolong so-so (biasa aja!) dan hanya 10% yang termasuk STAR (langka!) Padahal, ada sebuah formula penting dalam organisasi, yaitu  KARYAWAN STAR = CUSTOMER PUAS = PROFIT !  

Karena itulah, buku inipun rasanya menjadi buku wajib, bukan hanya bagi karyawan tetapi juga buat para pebisnis.  Seandainya para pebisnis sungguh peduli dengan bisnisnya, maka buku ini seharuisnya disediakan untuk dibaca oleh para karyawannya. Sungguh, hanya karyawan STARlah yang bisa memberikan kontribusi maksimal buat organisasi! 

Buku Yang Menantang Pola Pikir Kebanyakan Karyawan Selama Ini! 
Di bagian awal buku ini, ada sebuah tantangan bagaimana seseorang membuat dirinya menjadi dibutuhkandandindalkanolehperusahaan.Faktanya,banyakkaryawanyangbergantungpadaperusahaan. Hal ini bukanlah sesuatu yang baik, apalagi ketergantungan ini sifatnya parasit. Artinya, perusahaan harus membayar untuk karyawan yang sebenarnya tidak punya keahlian khusus.   Bahayanya, ketika tidak punya keahlian khusus, sebenarnya yang paling teracam bukanlah perusahaan tetapisi karyawan itu sendiri. Tatkala perusahaan bangkrut ataupum si karyawan itu harus pindah ke tempat lain, sebenarnya ia tidak memiliki keahlian apapun yang bisa diandalkan. Itulah sebabnya buku ini menyebutkan perlunya membangun PERSONAL MASTERY.  

Namun, suatu kemampuan (mastery) tidak lah berarti apapun tanpa adaya kontribusi. Karena itulah pula, buku ini bicara soal kontribusi. Bahkan, di awal buku ini, ada suatu kisah sindirian yang mengatakan seorang office boy yang berkontribusi mungkin akan lebih barharga, daripada seorang direktur yang tidak memberikan nilai tambah apapun di kantor. Karena itulah, buku ini mengajak pembacanya untuk menilai korntribusinya di kantor dengan suatu rumusan kontribusi. 

Selanjutnya, disiplin berikutnya adalah menantang para karyawan untuk tidak hanya berada di zone nyamannya tetapi senantiasa mengembangkan diri. Disinilah karyawan yang STAR selalu upgrade dirinya, laksana mesin atauun computer, dengan cara terus menerus belajar.  

Dalam disiplin selanjutnya, dijelaskan bahwa karyawan harus berusaha untuk menyimak ilmu lain. Disinilah perlunya disiplin MULTIPRENEURSHIP. Bahkan, dikatakan bahwa seorang pimpinan perusahaan minimal harus mengerti strategi yang terkait dengan finance, marketing, SDM dan juga teknologi untuk berhasil. Karena itulah, mau tidak mau seorang karyawan maupun pimpinan, harus mau mengembangkan ilmu lain di luar bidang kemampuanya demi kemajuan perusahaan. 

Selanjutnya, setelah mengembangkan dirinya, seorang karyawan harus bermental team. Hal ini penting karena organisasi yang sukses, buknla organisasi yang mengandalkan SUPERMAN, tetapi SUPER TEAM. Karena itulah, sangat penting bagi karyawan untuk mengembangkan mentlitas bekerjasama dengan orang lain dalam tim. Yang menarik dalam buku ini adalah kisah tentang Maurice Wilson yang gagal mendaki puncak Mount Everest karena hanya mengandalkan dirinya sendiri. Sungguh kisah yang amat inspiratif!  

Lantas, dua disiplin lain yang dikupas terakhir adalah soal kemampuan karyawan untuk menata emosinya serta tetap menjadi orang yang tetap antusias dalam bekerja. Beberapa kisah dan ilustrasi menarik seperti tempat jualan ikan Pike Place Fsh yang terkenal, turut menghiasi akhir buku ini.  

Dan sebagai bonus ekstra, di bagian penghujung buku juga dikupas satu topic yang sangat up to date yakni beda generasi yang bekerja. Di sinilah kupasa soal genarasi baby boomer, gen X, Gen Y, Gen Z serta Gen Alpha, menjadi penutup yang menarik dari buku ini. 

Sebagaimana testimonial serta endorsement yang diberikan terhadap buku ini, maka buku dengan cover yang atraktif ini, memang pantas menjadi bacaan dan koleksi setia perpusataakn perusahaan dan wajib dimiliki oleh karyawan untu dibaca. Tatkala dibaca, And akan menemukan buku ini ditulis dengan bahasa yang mudah dimengerti, banyak ilustrasi cerita yang gampang dicerna dan selain itu, banyak pula tips dan pembelajaran yang bisa diterapkan dalam kehidupan kerja Anda. Be A STAR Employee at work!

0 comments:

Post a Comment