Home » » Buku Bussiness And Beyond

Buku Bussiness And Beyond

Buku Bussiness And Beyond


Buku ini isinya diambil dari postingan blog pribadi Badroni Yuzirwan, founder komunitas tangan di atas. Tujuannya tidak lain agar bisa dinikmati tidak hanya pengunjung online di blog bung Roni, tetapi juga khalayak ramai di dunia nyata. Blog pribadi bung Roni merupakan cerita pembelajaran dalam hidup dan keseharian penulis dalam menjalankan bisnis.

Tulisan di blognya bukanlah murni pemikiran bung Roni semata, melainkan kesimpulan dari pembelajaran penulis ketika bertemu orang, membaca buku, membaca fenomena di luar, belajar dari kesalahan orang lain. Seperti salah satu tulisan di buku Bussiness and beyond ini yang berjudul The Miracle of Giving.

Seorang teman bercerita yang menurut penulis adalah contoh lain dari matematika Allah. Kakeknya adalah salah satu pedagang paling senior di Tanah Abang. Ia berdagang disana sejak tahun 50-an. Ibunya adalah generasi kedua yang mengelola toko sampai hari ini.

Di tengah persaingan yang ketat dan situasi yang terus berubah, bisnis kakeknya tetap survive dan terus tumbuh. Teman ini pernah melihat laporan keuangan toko sang kakek. Bentuknya sangat aneh dan tidak mencerminkan sama sekali bentuk laporan keuangan yang profesional. Ia sendiri tidak tahu mengapa dengan manajemen keuangan seperti itu toko sang kakek masih bisabertahan seperti itu.

Namun satu hal, yang ia tahu, setiap tahun kakeknya menghitung hasil pendapatan dagangan dan menyisihkan sekian persen untuk dibagi-bagikan kepada karyawannya.

Penulis langsung nyeletuk, "Mungkin itu yang membuat bisnisnya bertahan sampai hari ini." 

0 comments:

Post a Comment