Home » » Buku Spiritualitas Kader

Buku Spiritualitas Kader

Buku Spiritualitas Kader


Buku ini disusun berdasarkan taujih-taujih Anis Matta (lihat Profil Anis Matta) selaku presiden PKS yang sarat berbicara tentang aspek ruhiyah atau spiritualitas. Buku ini mendokumentasikan upaya seseorang pemimpin untuk mencegah berlarut-larutnya demoralisasi yang melanda kader di saat terjadinya turbulensi terhadap kafilah dakwah ini sepanjang tahun 2013 hingga perjuangan politik yang panjang dan melelahkan di tahun 2014.
Buku "Spiritualitas Kader" ini terdiri dari tujuh taujih yang memiliki keterkaitan erat satu sama yang lain dan memiliki benang merah yang sama yaitu permasalahan ruh, jiwa maupun aspek spiritual. Dalam taujih tentang "faktor-faktor tentang kekuatan dakwah", nampak jelas bahwa kekuatan ruhiyah atau spiritualitas kader merupakan salah satu faktor kekuatan dakwah. Partai Keadialn Sejahtera sebagai partai Islam yang menyebut dirinya juga sebagai partai dakwah jelas ingin terus memperkuat dirinya dengan salah satu upayanya adalah senantiasa menguatkan spiritualitas kadernya. 

Kemudian tentang bagaimana caranya, dirinci dalam taujih "Langkah-langkah penguatan tarbiyah ruhiyah" dan taujih " Menempa kekuatan jiwa" sehingga akan menghasilkan jiwa-jiwa yang kokoh. Sementara taujih "Seni membentuk karakter" memberi bingkai besar bahwa tarbiyah ruhiyah hanyalah salah satu aspek dari tarbiyah aqliyah yang secara keseluruhannya adalah dalam rangka membentuk karakter muslim yang kokoh dan berdaya guna. Di dalam taujih-taujih "Kekuatan spiritual adalah syarat kemenangan" dan 'Paradigma pemenang" digambarkan bagaimana integritas Islam harus nampak dalam integritas tarbiyah Islamiyah, sehingga kekuatan jiwa seorang kader juga harus berkolerasi dengan cara berfikirnya untuk menjadi seorang pemenang.

0 comments:

Post a Comment