Home » » Profil Anis Matta

Profil Anis Matta

Profil Anis Matta


Muhammad Anis Matta, lahir di Bone, Sulawesi Selatan pada tanggal 7 Desember 1968. Menyelesaikan pendidikan dasarnya di Welado, Bone, lalu melanjutkan ke pesantren Muhammadiyah “Darul Arqom Gombara”, hingga selesai pada tahun 1986. Setamat dari Gombara, ia pergi ke Jakarta dan menyelesaikan pendidikan S1 di fakultas Syariah, Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab. Sebuah lembaga yang berada di bawah Universitas Imam Muhammad bin Saud, Saudi Arabia.

Setelah lulus pada tahun 1992, ia aktif di berbagai kegiatan. Salah satunya menjadi sekretaris jenderal Partai Keadilan, tahun 1998 – 2003. Di masa itu ia juga mengikuti Kursus Singkat Angkatan (KSA) IX Lemhanas. Sesudah itu ia menduduki jabatan serupa di Partai Keadilan Sejahtera.

Dalam beberapa kesempatan, ia juga melakukan dakwah ke berbagai Negara, seperti ke Amerika, Jepang, Australia, dan juga beberapa Negara di Eropa.

Diantara karyanya adalah Konsep Seni dalam Islam (tulisan bersama dalam “Ruh Islam Dalam Budaya Bangsa”), Festifal Istiqlal Jakarta,1995. Kumpulan cerpen Intifadhah (terjemahan), Jakarta 1995. Juga Wawasan Islam dan Ekonomi (tulisan bersama untuk mata kuliah Agama Islam – Ekonomi Islam), pada Program Studi Ekstention FE UI (1997), Sepanjang Hari Bersama Allah: Seni Berdoa (1997), Biar Kuncupnya Mekar Menjadi Bunga (2000), Membangun Karakter Muslim (2002), Model Manusia Muslim Abad 21 (2002) dan Menikmati Demokrasi (2003). Buku Anis Matta yang lain (terbaru) yaitu : Mencari Pahlawan Indonesia (2004), Dari Gerakan Ke Negara (2006), Serial Cinta (2008), Delapan Mata Air Kecemerlangan, Gelombang Ketiga Indonesia, Spiritualitas Kader, Momentum Kebangkitan.

0 comments:

Post a Comment