Home » » Profil Asma Nadia

Profil Asma Nadia

Asma Nadia


Asma Nadia adalah nama pena Asmarani Rosalba yang lahir di Jakarta, 26 Maret, dari pasangan Amin Usman dan Maria Eri Susianti. Setelah lulus dari SMU 1 Budi Utomo, Jakarta, ia mulai aktif mengirimkan tulisannya ke majalah -majalah remaja, selain tetap menulis lagu yang sebagian bisa ditemukan di album Bestari, SNADA, dan Gradasi.
Cerpennya Imut dan Koran Gondrong menjadi juara I Lomba Menulis Cerita Pendek Islami (LMCPI) tingkat nasional yang diadakan majalah Annida, tahun 1994 dan 1995. Bukunya Rembulan Di Mata Ibu (Mizan), meraih Adikarya IKAPI untuk kategori Buku Remaja Terbaik I (2001) sekaligus menobatkannya sebagai salah satu pengarang terbaik Adikarya IKAPI 2001.

Di tahun berikutnya, lewat Dialog Dua Layar (Mizan), Asma kembali meraih penghargaan yang sama di Adikarya Ikapi 2002 dan Adikarya Ikapi tahun 2005 (101 Dating, GPU). Tahun 2003, Asma terpilih sebagai Peserta Program Penulisan Mastera Terbaik, dalam 10 tahun MASTERA (2005).

Profilnya dimuat dalam buku Profil Perempuan Pengarang, Peneliti, dan Penerbit di Indonesia (editor Korrie Layun Rampan, 2000). Dua cerpennya masuk dalam antalogi kumpulan cerpen terbaik majalah Annida : Merajut Cahaya (Pustaka Annida), dan Antalogi Sastra Kota yang diterbitkan Dewan Kesenian Jakarta-Penerbit Bentang : Kota yang Bernama dan Tak Bernama. Asma juga sempat mengikuti Pertemuan Sastrawan Nusantara XI di Brunei Darussalam, workshop penulisan novel yang diselenggarakan Majelis Sastra Asia Tenggara (MASTERA), dan diundang mengisi acara workshop penulisan yang diadakan ICMI ORSAT Cairo, Hongkong, juga Loka karya Perempuan Penulis Naskah Drama yang diadakan DKJ dan FIB UI, dimana naskahnya menjadi naskah terbaik serta diterbitkan Dewan Kesenian Jakarta, 2005.

Kini ibu dua orang anak : Eva Maria Putri Salsabila dan Adam Putra Firdaus ini adalah CEO AsmaNadia Publising House.Di sela aktivitasnya menjadi narasumber adalam acara Titian Qolbu di TVOne, berbagai workshop menulis, dan dialog keislaman, Asma juga menjadi penggerak Rumah Baca AsmaNadia yang saat ini sudah ada di berbagai daerah, diantaranya Jakarta, Yogyakarta, Gresik, Pekanbaru, Balikpapan, Bogor dll.

0 comments:

Post a Comment